Minggu, 04 Desember 2011

Budidaya Tanaman Secara Arif

BUDIDAYA TANAMAN SECARA ARIF ( ORGANIK dan POPT NABATI/ RAMAH LINGKUNGAN )

MENGAPA??
( latar belakang )
1.Ditinjau dari sisi Pertanian
-Lahan pertanian kita mengalami titik kritis/mati meskipun unsur hara mikro masih tersedia banyak ( uji lab ) tetapi tidak dalam bentuk ion, hal ini desebabkan karena banyaknya mikroba yang berguna (penambat, pengurai NPK) mati sebagai akibat penggunaan pupuk dan pestisida kimia yang berlebihan

-Dengan pemakaian pupuk organik maka akan ada penambahan mikroba pengurai, penambat dan pelarut NPK sehingga tanah kembali hidup ( gembur )

2.Ditinjau dari sisi Ekonomi
-Pengolahan lahan dengan pupuk kimia sangat mahal, hal ini dikarenakan tingginya harga pupuk kimia
-Budidaya tanaman yang diolah dengan pupuk organik, lebih murah/ menekan biaya produksi, apalagi pupuk organik yang dibuat sendiri ( baik cair maupun padat ) akan jauh lebih murah dan lebih berkualitas.
-Murah : Bahan baku banyak tersedia di lingkungan kita ( pupuk cair bisa dibuat dengan fermentasi urin sapi/domba/kelinci dan pupuk padat bisa dibuat dari lemi / kotoran padat serta sisa pakan) dan hanya memerlukan sedikit probiotik / dekomposer / Ragi Kompos dan beberapa bahan yang perlu ditambahakan dan ada di sekitar kita.
-Berkualaitas : Pupuk organik yang dibuat sendiri akan terjamain kulaitasnya karena tidak ditambahkan bahan pengisi. Pupuk organik merupakan pupuk yang didalamnya terkandung jasad hidup (beberapa mikroba ) yang mempunyai peranan masing2 diantara ada yang bertugas sebagai pengikat N, pengurai Phospat dsb sehingga unsur hara tanah akan tetap tercukupi.
-Apabila hasil produksi pertanian organik telah diakui ( bersertifikat / berlabel ) maka daya jual juga akan meningkat )

3.Ditinjau dari sisi Kesehatan
-Penggunaan bahan kimia dapat menimbulkan residu yang berbahaya bagi kesehatan manusia ( menimbulkan penyakit ), misal : kangker dll, baik bagi konsumen maupun produsen itu sendiri.
-Penggunaan bahan2 organik dan pestisida nabati tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan manusia.

4.Ditinjau dari sisi Sosial
-Penggunaan bahan kimia berspektrum luas / berlebihan dapat menimbulkan pencemaran lingkungan baik pada tanah maupun udara ( kerusakan alam )
-Penggunaan bahan2 organik dan pestisida nabati tidak menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan.

Semoga bermanfaat


Keterangan : POPT = Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman
Pestisida nabati bisa dibuat dari ekstrak tanaman yang bersifat racun bagi OPT

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms